Tabulet Troy hampir Nge-Brick …. Hampir Putus Asa

Bismillahirrahmanirrahim

Troy memang tablet yang cukup lumayan untuk kantong mahasiswa dengan processor yang cukup baik… Yaap ARM cortex 9 (yang juga dipake di IPAD) disematkan dalam Troy dengan GPU : Open GL ES2.0, 3D ARM Mali-400 dengan layar 7″, namun sayang si layar masih resistive.

TROY di Cina dikenal dengan Ramos W10 dan di Eropa (khususnya) Spanyol dikenal dengan NVSBL P4D. Perkembangan dari segi update firmware dan OS. Troy di Indonesia ternyata baru sekali me-launching firmware 2.14 dan aksesnya kembali dicabut, karena banyaknya pengguna yang salah dalam tutorial dan berakhir mati total… namun yang namanya ada user yang kreatif, ingin membuat performa troy menjadi lumayan baik, di forum pun ada yang share firmware yang 2.22 dan 2.24 (ini semua firmware ramos w10) dan baru-baru ini sudah ada upgrade OS Gingerbread (versi NVSBL P4D)… Jangan heran kalau ada cashing Tabulet TROY tapi “jiwanya” beda. Saya pun begitu dah pake firmware luar dan tampaknya masih lancar-lancar saja.

Ngomong-ngomong soal Bricked … ini yang paling dikhawatirkan saat melakukan upgrade firmware dan OS.. sebenarnya brick disebabkan oleh faktor Human Error, walaupun sudah di-share tutorial yang bener. Ini juga terjadi kepada saya, ketika mau upgrade OS dan karena human error alhasil si TROY mati total, sempet hampir putus asa dan sudah ngirim e-mail ke costumer service. Namun tindakan lain bisa kita lakukan yaitu dengan :

  • periksa apakah bodi si TROY panas… ini menandakan hardware di dalam masih bekerja namun sistem yang gak bekerja, ini saya ga tau bisa dibilang brick atau nggak.
  • siapkan SD card dengan firmware yang aman… kalau saya pakai firmware 2.22 versi si ramos w10.
  • sematkan si SD card di dalam slot.
  • biarkan selama 6 jam. kalau nge-brick-nya malem… tinggal tidur aja (ini yang saya alamin) bawa santai sambil nonton OVJ karena biar bikin otak kagak mumet karena bakal mikirin biaya perbaikan.
  • kalau sudah ditinggal 6 jam pasti kondisi baterai dalam keadaan low batt nah langsung saja colok charger dan masuk tahap flashing (namun yang saya alami ga ada yang deretan tulisan kuning yang mirip kayak flashing dan saya tinggal sarapan) dan saya cek si Troy dah hidup dengan firmware 2.22. Memang agak konyol dan kebetulan namun ini cara yang saya gunakan.

demikian yang dapat saya share semoga dapat membantu jika teman-teman memiliki masalah yang sama pada TROY anda.

23 Tanggapan

  1. gan cara flashing troy gimn gan?

  2. tanks gan bt info,ny akhir,nya troy ane bsa idup lgi…

  3. Gan ane download fw 2.24 buat troy ane. terus
    1. ane hapus SDCard lama dan paste isi fw 2.24 ada 6 file
    2. tabulet ane dalam keadaan mati
    3. ane masukin deh SDcard yang uda ada fw 2.24
    4. ane nyalain dengan pencet tombol M dan Power barengan
    5. Skilas ada bacaan upgrade/update ane lupa cuma beberapa detik
    6. udahnya si tabulet gelap lama

    sekarang mati apakah prosedurnya udah sama dengan yang ente ? mohon pencerahan dan bantuan .. ane pake troy + sdcard 16 GB

  4. mas bro, kalo udah flash tapi g cocok versinya, terus mati total gmn? ada solusi g? tapi lampu charge nyala.
    Mohon pencerahannya. tablet ane g bisa dipakai

    • mas anggoro pake tablet apa…? ini firmware cuman cocok buat tablet Ramos w10, TROY, dan NVSBL P4D….
      ——
      saya kurang ngerti apa yang ditanyakan mas anggoro, kalo mas anggoro pake troy silahkan diulang lagi tahap flash-nya… mungkin ada yang salah…

      • tablet troy juga, waktu flash tiba-tiba mati, ada solusi g? soalnya udah dua hari ini mati g bisa dipakai…. flashing udah bener semua, tapi muncul upgrade lalu dead… ada solusi lain ga?
        Tq

      • boleh tau ga mas… mas mau upgrade firmware atau mau upgrade Os… ?
        coba mas biarin dulu troy nya dalam keadaan batere kosong.. nanti donlot firmware yang 2.14 (ini ada dipostingan terbaru saya di bulan februari 2012) itu resmi dari tabulet….

      • ini mau upgrade firmware atau upgrade OS…. coba liat posting saya yang Tabulet Troy: Upgrade OS Gingerbread…. disitu ada link resmi dari tabulet…

  5. mas.troy aku baru beli tapi ni mati gag bisa dinyalain.aku charger lampu indikator nyala tapi gag da tulisan charger ato apalah dilayar.trus sd card aku cabut sebelumnya soale bodi troy langsung demam tinggi.intinya gimana cara nyakain.gua pencet2 tuh tombol power sama m semta tapi gag nyala2 mas.mohom bantuan mas:'(

    • kalo bodi troy panas pada saat ngecharge itu hal yang wajar…. coba mas donlot dulu firmware 2.14 untuk troy, nanti pada posisi charger masuk ke mode recovery tunggu sampai selesai…

      • mode recovery gimana itu mas?? saya upgrade ke gingerbread kok lama sekali ya apa memang begitu??posisi sambil saya charging karena baterainya tidak kuat..

      • mode recovery : tekan tombol M + tombol power secara bersamaan… mode recovery dilakukan dalam posisi troy yang non-aktif (mati)

        -upgrade gingerbread ga memakan waktu yang lama mas… 5 menit ga nyampe… apakah mas andros sudah melakukan upgrade firmware non-resmi sebelumnya..? kalo iya sebaiknya mas upgrade ke firmware yang resmi terlebih dahulu mencegah terjadinya stack di logo A9….

  6. tombol M itu yang mana ya kalau di Tabulet troy2 soalnya saya lihat cuma ada tombol power, esc, vol + dan – doang.

  7. Asslm mas..mo minta tlg ttg tab troy 2. Sy br bli 2 hari, pemakaian br dikit,baru hari ini. Td sempat masukin micro sd,isinya lagu..dengerin 2 lagu,hbs itu slesai n dicharge. Kira2 2 jam pas sy liat,posisi layar mati, pikir sy posisi standby..coba sy hidupin kok ga bisa. Ini knp ya mas?apa gara2 dimasukin sd lagu itu? saya gaptek..ga mudeng istilah firmware dll. Makasih infonya mas

  8. gan.. bagi link firmware 2.14 tabulet troy , dah ubek2 mbah google, linknya pada mati semua.. 😥

  9. Gan Troy ane layarnya kadang2 kayak TV rusak banyak semutnya, dan harus direstartbaru normal kembali. Ga lama kemudian kayak gitu lagi. Mohon pencerahannya..

  10. mas troy sya bisa nyala (bisa dicharge) tapi yg muncul di layar hanya gambar A9 (atau @9), itu kenapa ya mas ?

  11. tolong bantuannya mas bro,…tabulet troy sya klo booting lama skali kadang tidak pernah muncul2 logo androidnya…..mohon pencerahannya…..thx

  12. tabulet troy q4 saya tiba-tiba mati, barusan beli. dipakai anak saya baterai mau habis, lalu tak matiin dan tak charge, masih ada indikator charge, lalu saya tinggal 15 menit. saya lihat kembali indikator dah mati, saya hidupkan ee ndak bisa. gimana ini om, tolongin dong !!!!!

Tinggalkan Balasan

