Wisata Kuliner Di Kota Palembang

Cerita tanggal 11 Juni 2011 (sabtu)

Wisata Kuliner Di Kota Palembang

By Adrian Fajriansyah

Gambar 1.  Gerbang Masuk Jalan Kuliner

            Berbicara soal pempek.  Pempek atau empek-empek merupakan makan khas dari kota Palembang.  Namun menurut cerita dari mulut ke mulut pempek bukanlah makanan asli orang Palembang melainkan makan yang dibuat oleh orang Tionghoah yang banyak bermukim di Palembang.  Seiring dengan berjalannya waktu pempek menjadi makanan yang sangat disukai oleh semua orang di Palembang bukan hanya oleh warga Tionghoah saja.  Oleh sebab itulah kemudian pempek menjadi makanan khas dan wajib di kota Palembang.  Orang Palembang memakannya hampir setiap hari.  Pempek dan cuka (cuko) seolah menjadi hindangan wajib yang harus ada dalam kehidupan sehari-hari orang Palembang.  Ada satu joke mengenai cuko di kota Palembang, menurut masyarakat di sini “wong Palembang dak biso idup kalu dak ngirup cuko sehari” atau orang Palembang tidak bisa hidup kalau tidak minum cuko dan pempek dalam sehari.  Itulah orang Palembang, pempek bukan hanya sebuah kekhasan dari kota ini melainkan sudah menjadi darah daging setiap orang Palembang.

Pempek sendiri merupakan makanan yang berasal dari olahan ikan dicampur dengan tepung terigu.  Ikan yang dipakai bisa menggunakan ikan laut dan juga ikan sungai.  Dahulu ikan yang paling sering digunakan untuk membuat pempek adalah ikan belida yang merupakan ikan endemik dari sungai musi Palembang namun karena keberadaan ikan belida sekarang sudah sangat jarang sekali ditemui maka sekarang ikan yang digunakan untuk membuat pempek menjadi beragam yaitu bisa ikan tenggiri, ikan gabus, dll.

Akan tetapi saya tidak akan membahas mengenai bagaimana cara untuk membuat pempek.  Pada artikel kali ini yang ingin saya ceritakan adalah tempat jajanan pempek yang murah di kota Palembang.

Pada dasarnya pempek yang terbuat dari ikan yang lezat akan memiliki harga mahal.  Namun jangan takut bila berada di kota Palembang harga pempek di sini semuanya terjangkau dan banyak sekali pilihan dari yang paling mahal sampai yang paling murah.  Jangan takut dengan pempek yang berharga murah di Palembang karena biarpun harganya kaki lima tapi rasanya bisa bersaing dengan bintang lima yang berharga mahal.  Salah satu tempat rekomendasi untuk anda yang ingin merasakan nikmatnya pempek Palembang adalah di Jalan Kuliner daerah sekanak tepatnya di Jalan Depaten Baru Kelurahan 27 Ilir.  Di daerah ini hampir sepanjang jalan semuanya menjual aneka kuliner khas Palembang termasuk pempek.  Harganya pun sangat terjangkau dan untuk cita rasa saya jamin tidak kalah dengan yang ada di toko besar.  Aneka kuliner khas Palembang di sini sangat lengkap tidak hanya pempek di sini juga menjual model, tekwan, aneka pempek kecil, pempek kapal selam, pempek lenjeran, otak-otak, pempek panggang, pempek lenggang, hingga kemplang panggang khas Palembang.

 

Gambar 2.  Suasana Di Jalan Kuliner

            Untuk harga semua jajanan di daerah tersebut sangat terjangkau dimana model dan tekwan Rp 3.000; aneka pempek kecil Rp 8.00; pempek kapal selam Rp 4.500; pempek lenjeran besar Rp 15.000; otak-otak Rp 8.00; dan kemplang panggang khas Palembang Rp 6.000.  Sungguh harga-harga tersebut sangat terjangkau bagi kita penikmat kuliner namun dengan kantong pas-pasan.  Coba anda bandingkan harganya dengan yang ada di toko besar yang sudah terkenal? Pasti sangat berbeda bukan?

Gambar 3.  Warung Jajanan Khas Palembang Yang Terdapat Di Jalan Kuliner

            Itulah sedikit informasi dari saya.  Siapa saja yang ingin mencoba berwisata kuliner di kota Palembang.  Tidak perlu takut berwisata kuliner di Palembang karena di sini banyak terdapat tempat kuliner yang menjual makanan khas Palembang dengan harga yang sangat terjangkau.  Semoga dengan informasi yang saya sampaikan ini dapat menambah bahan referensi anda yang ingin melancong di kota Palembang.  Semoga bermanfaat.

Gambar 4.  Ucapan Selamat Jalan Semoga Datang Kembali Di Salah Satu Gerbang

 

Tips Menuju Jalan Kuliner

1. Bagi anda yang berada di kota Palembang dan ingin mencoba mencicipi jajanan khas Palembang yang terjangkau Jalan Kuliner ini merupakan salah satu jawabannya dan untuk menuju ke sana tidak terlalu sulit, anda bisa naik angkot (angkutan kota), bus kota atau Transmusi (semacam Busway di Jakarta) kemudian stop di simpang suro tepatnya di depan Jalan Temon lalu berjalan sekitar ± 200 meter menuju daerah sekanak tepatnya di Jalan Depaten Baru Kelurahan 27 Ilir. Adapun tarif angkutan umum di Palembang adalah sebagai berikut:

  • Angkot (angkutan kota) di Palembang jauh dekat : Rp 2.500,-
  • Bus Kota di Palembang jauh dekat : Rp 2.500,-
  • Transmusi (semacam Busway di Jakarta) semua rute : Rp 3.000,-

 

Gambar 5.  Jalan Temon

2. Sering-seringlah bertanya saat menuju ke sana karena malu bertanya sesat di jalan, memang Jalan Kuliner tersebut agak susah diterlihat karena berada di dalam lorong.

3. Bila tidak mau tersesat lebih baik menggunakan becak yang banyak terdapat di pinggiran jalan menuju daerah kuliner tersebut.

6 Tanggapan

  1. Aku sich kulinernya dari palembang yang tahu cuma empek-empek palembang. Ehm enak banget pingin makan lagi..Kapan ya bisa jalan2 kesana..

    • ayo dateng ke Palembang.. di sini banyak makanan khas yang akan menyambut anda.. selain pempek ada model, tekwan, lenggang, pindang, laksan, celimpungan dan masi banyak lagi yang semuanya pasti enak…🙂

  2. ada banyak kuliner enak palembang selain pempek. bakal nambah berat badan dech selama di palembang, soalnya makanannnya enak2 dan protein tinggi.

  3. nice to visit palembang.i am malaysian ,planning go to palembang on jan 2012.kindly if u can give contact number the guider from there..send to me nsnamr@yahoo.com.tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: