Kompetisi Web Kompas Muda & Aqua

Postingan artikel ini saya persembahkan untuk mengikuti Kompetisi Web Kompas Muda dan AQUA dengan tema tentang IT’s About Us: Air Untuk Masa Depan.

Air Untuk Masa Depan

Air merupakan sumber penghidupan bagi mahluk hidup, oleh karena itu Tuhan menciptakan bumi ini lebih banyak air dibandingkan dengan daratan. Tanpa adanya air kehidupan tidak dapat berlangsung, beruntunglah kita yang hidup dengan air yang berkecukupan. Iklim di Indonesia terkenal dengan iklim hujan tropis, dimana hujan selalu terjadi di sepanjang tahun.

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi dan jumlah tersebut harus dikondisikan dengan aktivitas yang dikerjakan. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8–10 gelas (sekitar dua liter) per hari, namun setelah dilakukan penelitian di Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 ternyata tidak memberikan efek yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, dan malah menyebabkan terjadinya ketergantungan dengan air minum dalam jumlah yang berlebihan. Pihak medis menyarankan agar setiap hari minum sebanyak 1 liter air dan beberapa tambahan jika melakukan kegiatan berat dan dalam cuaca yang panas.

Manfaat air sungguh banyak bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya :

  1. Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh.
  2. Mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit, seperti batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih dan lain-lain.
  3. Dengan meminum air putih membantu kulit anda tetap kenyal dan kencang.
  4. Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang telah rusak.
  5. Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi ke seluruh tubuh.
  6. Menstabilkan suhu tubuh.

Sebagai generasi pewaris bumi, air untuk masa depan perlu kita jaga, agar anak dan cucu kita tetap menikmati air yang bersih. Air yang bersih memiliki ciri-ciri yang bersifat aman dan baik untuk dikonsumsi, namun apakah kita yakin bahwa air yang kita konsumsi setiap hari itu bersih ?. Sebenarnya alam telah menyediakan sumber air yang bersih seperti sungai, danau dan mata air , karena seiring perkembangan zaman dan bertambahnya jumlah industri terkadang air pun ikut mengalami tindakan pencemaran, baik pencemaran oleh limbah pabrik atau limbah rumah tangga. Banyak sungai di Indonesia terutama di kota-kota besar yang tercemar dan kondisi airnya telah tidak layak konsumsi. Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah kita pun telah banyak untuk mengembalikan ke kondisi semula, tapi kurangnya kesadaran masyarakat kita, usaha itu menjadi sia-sia belaka.

Pemanfaatan air bersih akan semakin bertambah seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk dan diperkirakan di tahun 2025 di bumi akan mengalami krisis air bersih. Semulanya air yang hanya dianggap sumber daya alam yang melimpah berubah menjadi sumber daya alam yang minim, dan saat itu juga air yang bersih menjadi emas biru bagi penduduk dunia. Bisa dibayangkan jika sebuah negara akan berperang hanya untuk memperebutkan air.

Melihat bayangan kejadian di atas betapa mengerikan kalau memang itu benar terjadi, semula negara-negara berebut emas hitam (minyak bumi) beralih memperebutkan air. Untuk mencegahnya kita harus mulai dari  diri kita sendiri untuk memanfaatkan air sebaik mungkin, hindari pemakaian air secara boros atau yang bersifat kurang bermanfaat. Masih banyak di negara-negara Afrika yang dilanda kekeringan sepanjang tahun karena terkena efek dari global warming yaitu El Nino, sehingga tanaman-tanaman pangan disana sulit mendapatkan air yang cukup dan ini mengakibatkan tingginya tingkat malnutrisi pada penduduk.

Tahukah kamu bahwa pengguna air bersih akan meningkat di kawasan negara yang berkembang, karena negara berkembang pertumbuhan penduduknya cenderung selalu bertambah, seperti perkiraan yang saya sampaikan sebelumnya. Jika pencemaran air yang terus kita lakukan tidak dikurangi, maka anak dan cucu kita tidak dapat lagi menikmati air yang bersih. Sudah saatnya kita harus mengubah pola hidup kita demi menjaga kelestari sumber air bersih di muka bumi ini. Memang bumi terdiri dari 70% air, namun yang bisa dimanfaatkan hanya 0,003% sisanya merupakan air yang memiliki tingkat kadar garam yang tidak dapat kita konsumsi.

AQUA merupakan suatu produk dari Group Danone yang telah memanfaatkan kebaikan alam dengan menghasilkan air minum yang bersih dan tentu juga layak dikonsumsi. Setiap sumber mata air pegunungan harus memenuhi 9 poin kriteria yang kemudian melewati 5 tahap proses seleksi yang ketat selama kurang lebih 1 tahun sebelum akhirnya dapat menjadi mata air AQUA dan tentu juga sumber mata air dipilih melewati proses kettelitian dan hati-hati. Tidak heran apabila kualitas AQUA merupakan yang terbaik. Selain itu, AQUA berkomitmen untuk menjaga kelestarian sumber mata airnya dengan tidak mengambil lebih dari apa yang diberikan oleh alam. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa segala Kebaikan Alam tetap terjaga dalam setiap tetes AQUA.

AQUA dalam program “Satu Untuk Sepuluh”, telah berkontribusi secara aktif dan berkelanjutan dengan mengatasi permasalahan yang ada, termasuk dalam kesulitan akses air bersih suatu wilayah di Indonesia demi terwujudnya kebiasaan hidup sehat. Dengan cara membeli tiap 1 Liter AQUA berarti kita telah memberikan bantuan kemudahan akses air bersih ke suatu daerah sebanyak 10 liter.

Dengan adanya kompetsi yang saya dapat di www.mudaers.com dalam kategori Kompetisi Web Kompas MuDA, kami berharap postingan artikel ini bisa memotivasi seluruh anak negeri untuk menggunakan dan menjaga kelestarian sumber daya air bersih. Kalau bukan kita siapa lagi yang mau menjaga. Yakinlah air yang bersih saat ini adalah Air Masa Depan untuk anak dan cucu kita nanti.

 

18 Tanggapan

  1. lanjutkan, slematkan bumi dr hal terkecil seperti menghemat air.

  2. HIDUP AQUA,,

    HIDUP JG AC.MILAN

  3. ma bukan nyo program satu untuk seribu…

  4. Tulisan yang bagus.
    Saya mau sedikit mengomentari sebuah salah kaprah. Salah kaprah ini bukan semata-mata anda, tapi semua masyarakat bahkan dokter dan para ahli.
    Dikatakan manusia harus minum air 8–10 gelas (sekitar dua liter) per hari, ternyata hal tersebut adalah keliru. Saya pernah baca disalah satu sumber (lupa namanya) yang mengatakan bahwa manusia itu setiap harinya butuh 2 liter (8-10 gelas) cairan, bukan minum air. Sehingga banyak dari kita yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut dengan meminum air sebanyak 2 liter (apa gak kembung?). Padahal asupan cairan kita tidak hanya melalui minum air saja, tetapi bisa melalui buah, makanan berkuah, dsb.
    Jadi kebanyakan dari kita mengkonsumsi cairan LEBIH DARI 2 liter setiap harinya.
    Itu saja dari saya, lebih dan kurang saya mohon maaf.

  5. Mantap Alma postingannya..

    Aq setuju banget, dengan tulisanmu.
    🙂

  6. tulisan yang menarik..

    emm.. sya hanya ingin menambahkan tanggapan dari masbro malis septian..

    benar sekali tubuh kita memerlukan asupan air kira-kira 2-2,5 liter (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

    selain itu, tubuh jugamengeluarkan air melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan airya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.

    Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. dan juga sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara di sekitarnya.

    terima kasih.

  7. tulisannya bagus juga..
    salam kenal.. gue jg ikutan kompetisi ini..
    slamat berjuang bersama..

  8. keren ne, ikutan juga ach sipa tau aq menang

  9. ae gan, ane newbie nih, blog ane jg baru … Ane kesulitan dalam nanganin seonya ,mohon bantuannya..ane baru tau kalo ada lomba ini . Ini halaman ane http://ds-world.co.cc/kompetisi-web-kompas-muda-aqua/ mari bersaing sehat…. matur thankyu bgt

    • maaf mas saya juga agak kurang ngerti masalah SEO… namun saya pernah denger kalo mau postingan kita terbaca oleh google… kan ada tag tulisan… nah itu harus sesuai judul dan awal dari kalimat postingan kita yang bakal dicari orang seluruh dunia…. gitu aja mas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: