Kenali Gaya Berpikirmu !!!!

Ungkapkan Dirimu dengan Lebih Baik

Mengetahui gaya berpikirmu—-dan bagaimana gaya ini bisa cocok dengan yang lain—- membantumu menyelesaikan banyak lebih banyak pekerjaan karena kamu bisa menghubungkan idemu dengan orang lain. Kamu bisa bertukar ide dengan otak – otak lain dan mendapatkan ide itu kembali, tapi dalam bentuk yang lebih berkembang dan lengkap dengan energi ketimbang sebelumnya—–tapi sebelumnya, rehat TV dulu

Pernahkah kamu ingin tahu bagaimana para produser acara reality show TV kesukaanmu bisa memilih pemain dengan beragam pemikiran? Mudah saja : Mereka tahu cara mengidentifikasi beragam gaya berpikir. Produser TV tahu gaya berpikir mana yang paling bisa bekerja sama dan yang memiliki perbedaan yang kuat. Mereka memakai kesadaran ini untuk selonggar mungkin mengendalikan apa yang terjadi di lokasi mereka.

Kamu juga bisa memakai kesadaran ini untuk mengendalikan apa yang terjadi padamu, dan mempersiapkan diri untuk mendapatkan hasil lebih baik di sekolah dan dalam kehidupan. Mengetahui gaya berpikirmu akan membantumu menjelaskan pemikiran dan idemu kepada orang lain. Ini akan membantu orang lain memahami pemikiranmu dan memasukkan ide mereka serta perbaikan untuk membawamu maju.

Saat mengtakan “gaya”, maksud saya secara umum. Tak ada gaya berpikir yang secara utuh mewakili suatu individu. Tapi mengetahui gaya berpikir umum ini akan membantumu memakai idemu—-dan perbedaan gaya berpikir orang lain —- demi meneyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Berbagai Gaya

Perlu berbagai gaya berpikir berbeda untuk membuat dunia berputar. Mengetahui gaya berpikirmu sendiri memberimu pandangan tentang perilakumu dan perilaku orang-orang di sekitarmu.

Orang-orang yang mempelajari cara kita berpikir dan belajar telah menemukan 4 cara unik yang disukai otak kita untuk memproses informasi. Kita menyebutnya terstruktur, logis, fleksibel, dan eksplorasi. Renungkan sejenak makna keempat gaya tersebut: gaya terstruktur (menyukai keteraturan, selangka demi selangkah); logis (menyukai analisis, pikiran umum); fleksibel (suka mengkomunikasikan, gambaran besar); dan eksplorasi (menyukai pemecahan masalah, penciptaan).

Keempat cara berpikir ini membentuk keempat kategori yang secara umum menggambarkan gaya berpikr utama. Permikir terstruktur dan logis lebih suka memakai bagian kiri dari otak mereka, sedangkan pemikir fleksibel dan eksplorasi lebih suka bagian kanan otak mereka untuk memroses informasi. Berkat sifat lentur otak kita—–otak kita berubah sesuai dengan perubahan kita alami—–kita bisa memakai keempat gaya pemikiran ini jika mau.

Setiap gaya berpikir memiliki kekuatan unik yang bisa kita gunakan untuk memahami cara kita belajar, dan melihat manfaat dan pemikiran orang lain.

Pemikir Terstruktur

Pemikir Terstruktur (PT) memproses informasi dengan cara teratur dan selangkah demi selangkah. Dunia mereka konkrit dan nyata, terdiri dari halyang bisa mereka lihat, sentuh, dengar, rasa, dan baui. Mereka perfeksionis yang berorientasi pada detail dan belajar saat melakukan. Pemikir Terstruktur jago dengan tanggal, fakta, rumus, dan daftar.

Pemikir Eksplorasi

Seperti pemikir terstruktur, Pemikir Eksplorasi (PE) hidup dalam dunia yang konkrit dan nyata. Tapi, perilaku mereka tidak lebih terstruktur dan menyuki eksperimen. Mereka lebih kreatif dan terbuka terhadap lompatan intuitif, dan bukan pendekatan PT yang selangkah demi selangkah. Saat mengerjakan proyek, mereka kadang lebih asyik dengan proses daripada hasilnya. Kadang, mereka tak menyadari waktu dan tak bisa menyelesaikan sesuai tenggat waktu, tapi mereka juga mencari kreatif baru untuk bertindak dan suka mengeksplor ide – ide dan sistem baru.

Pemikir Fleksibel

Pemikir Fleksibel (PF) hidup di dunia perasaan dan emosi. Kebayakan orang menganggap PF sebagai “ramah”. Mereka perlu waktu untuk merenung dan meresapi informasi baru sebelum membuat keputusan atau membentuk opini. PF ingin melihat gambar keseluruhan sebelum masuk ke detail, dan mereka tidak menyukai lingkungan terstruktur.

Pemikir Logis

Pemikrir logis hidup di dunia teori dan pemikiran. Mereka senang menganalisis. PL jago melakukan penelitian karena mereka bisa menemukan ide dan informasi penting, terutama jika tertata dengan baik. Mereka berpikir secara logis dan rasional serta mengajukan pertanyaan untuk mengetahui kenapa juga bagaimana, di balik segla hal.

Dengan mengetahui gaya berpikirmu, kamu bisa lebih mengendalikan pikiranmu…..😀

9 Tanggapan

  1. klo mnrut kmu,, cara pemikiran kamu yang bagaimana?? dr ke empat penjelasan diatas..??

  2. waaahh canggih donk.. kalo aku yng mn ya??? bingung.. tlng di pilih kan dong.. hehahaaha

  3. oke sngt kreatif.. di tunggu ya..

  4. berpikir secara logis terus harus nalar terus harus dewasa saya kadang dewsa ya mau gimana lagi harus berusaha lagi ya

  5. Informasi yaang cukup menarik
    Kebanyakan dari kita memang masih belum mengetahui gaya berpikirnya bermodel apa.
    Setelah membaca tulisan ini setidaknya ad sedikit gambaran.. Hanya saja ternyata memang diperlukan penelitian lebih lanjut dengan psikotes/kuisioner misalnya agar lebih yakin dengan model gaya berpikir kita.
    Lalu apakah gaya berpikir kita itu memang sudah bawaan sebagaimana halnya karakter atau karena dibentuk oleh lingkungan?
    Mohon jawabannya.. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: