Berpikir Lebih Besar, Mewujudkan Sesuatu

Apakah otakmu secara otomatis mengambil sebagian, mengusik dan merenggut semua ide baru dan kepingan informasi yang datang? Bisakah kamu merasakan pikiranmu sedang bekerja, saat mencocokkan, meniru, memerhatikan, mempertanyakan, memutuskan, dan menilai semua yang ada di duniamu? Otakmu memang diciptakan untuk berpikir seperti ini, dan kamu bisa meningkatkan keterampilan berpikirmu dengan cara yang positif dan bermakna.

Otakmu ingin melihat gambaran besar dan mewujudkan sesuatu. Kamu memegang kendali apakah ini akan terjadi atau tidak karena kamu mengendalikan apa yang kamu pikirkan dan bagaimana kamu menyikapinya.

Pada saat ini kamu akan berpikir lebih besar dan lebih asyik dengan memperluas pikiranmu lewat lima prinsip berpikir secara lebih besar ini :

  1. selalu ada cara lain
  2. selalu ingin tahu
  3. cari banyak mungkin ide
  4. cari contohnya di dunia ini
  5. tetaplah fokus pada siapa dirimu dan apa yang kamu inginkan

Para pemikir besar juga berbeda cara berpikirnya dan mewujudkan hal-ha penting dengan tiga langkah dalam Proses Berpikir Besar

Langkah 1: Penjelas— apa yang ingin kamu lakukan, mengubah atau memecahkannya ?

Langkah 2: Cari ide— ide-ide apa yang kamu perlukan?

Langkah 3: Mulailah— apa rencanamu ?

Sebagai pemikir besar, kamu akan berpikir lebih besar dan mewujudkan lebih banyak hal karena kamu akan mempertanyakan, memikirkan, mengamati, dan menimbang, serta mengubah pikiranmu menjadi tindakan yang akan membawamu ke tempat yang kamu inginkan.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan “berpikir lebih besar”? Pertama-tama, berpikir lebih besar menciptakan lebih banyak peluang-peluang yang membuat perbedaan besar dalam hidupmu.

Peluang : Mungkin aku bisa menghubungkan kedua komputer ini dan mengirimkan pesan bolak-balik.

Peluang lebih besar : Mungkin aku bisa menghubungkan semua komputer dunia ini dengan dimensi maya baru (yakni sebagai World Wide Web)

Peluang : Aku bisa menanam sebatang pohon yang akan menyerap satu ton karbon dioksida sepanjang hidupnya.

Peluang lebih besar : Aku bisa menyelenggarakan sebuah acara dan meyakinkan semua temanku untuk menanam sebatang pohon untuk mengurangi pemanasan global dengan menyerap 20 ton karbon dioksida dari atmosfer!.

Peluang : Mungkin aku bsa belajar lebih keras dan mendapatkan nilai lebih baik saat ujian.

Peluang lebih besar : Mungkin aku bisa belajar lebih cerdas dan mendapatkan nilai lebih baik, titik!

Berpikir besar juga berarti pikiranmu lebih sesuai dengan dunia luar biasa milik kita ini. Ini maksud saya :

Secara fisik, dunia ini memang sangat besar. Perlu waktu seumur hidup bahkan lebih untuk melihat semua bagiannya. Sekarang pikirkan dunia pikiranmu —– semua ide, teori, dan fakta yang menarik. Kamu memerlukan lebih dari seribu kali kehidupan untuk melihat sekelumit saja dari dunia ini.

Untung saja otak diciptakan untuk bisa berkembang. Otak diciptakan guna menjelajahi dunia pemikiran dengan kekuatan pemikiran untuk menyesuaikan, memerhatikan, mempertanyakan, memutuskan, dan menilai. Semua ini hanya sedikit dari ratusan proses berpikir berkecepatan tinggi yang ada di bawah kendalimu.

Kita sudah memiliki otak yang besar. Isilah dengan berpikir lebih besar dan mengembangkannya…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: